by

Anda Doyan Makan Cokelat? Inilah Sejarah Awalnya Cokelat di Dunia

Yuk-Simak.Info – Cokelat yang berasal dari pohon Kakao, sebelum bisa dikonsumsi awalnya dari bagian biji-bijinya kemudian dikeringkan dan dipanggang.

Ada beberapa cerita sejarah mengenai kakao ini. Salah satunya adalah menurut Smithsonians National Museum of the American Indian.

Menurut Hayes Lavis, kurator seni budaya di Smithsonian, ditemukan jejak awal cokelat dari theobromine (kandungan dalam cokelat) pada sebuah kapal Olmec kuno sekitar tahun 1500 SM.

Diperkirakan, kakao ini merupakan bagian dari upacara seremonial suku Olmec yang kemudian pengetahuan tentang kako ini di wariskan ke suku Maya, yang oleh Suku Maya disebutkan sebagai bagian dalam perayaan dan juga sebagai bagian dalam transaksi.

Pada peradaban suku Aztec, biji cokelat digunakan mata uang untuk membeli makanan dan barang lainnya, dimana saat itu dianggap lebih berharga daripada emas..

Selain sebagai stimulan, cokelat dijadikan sebagai sumber energi dan afrodisiak yang sangat penting untuk pasukan.

Kisah Selanjutnya Cokelat Hingga Mencapai Eropa

Baik kisah Christopher Colombus ataupun Hernan Cortes, cokelat dari Amerika ini kemudian dibawa ke Spanyol.

Kisaran tahun 1500-an, cokelat menjadi kesenangan di Istana Spanyol dan sejak tahun 1585 mulai di impor.

Dengan menambahkan gula tebu, kayu manis dan bumbu perasa lainnya, minuman cokelat dari Spanyol maupun Eropa secara umum, kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Kisah Cokelat hingga menjadi Bubuk Kakao

Pada tahun 1828, ahli kimia Belanda Coenraad Johannes van Houten menemukan cara mengolah biji kakao menjadi bubuk cokelat yang lebih praktis untuk dicampur dengan air. Proses ini disebut sebagai ‘pemrosesan Belanda / Dutch Processing’

Oleh Van Houten, kakao dipres dengan mesin pres kakao sehingga mudah memisahkan bagian mentega dari bijinya sehingga mudah dibuat menjadi bubuk kako yang mudah diproduksi secara massal.

Baca juga : Terungkap Alasan Dibalik Doyannya Wanita Makan Cokelat

Dan Kisah Cokelat menjadi Cokelat Batangan

Awal mula menjadi bentuk batang cokelat pertama kali dibuat oleh warganegara Inggris J.S. Fry tahun 1847.

Pembuat lainnya dari Swiss yaitu Daniel Peter, bersama temannya Henri Nestle tahun 1876, kemudian menambahkan susu bubuk kering menjadi cokelat susu yang kemudian dipasarkan oleh Perusahaan Nestle ke pasar umum.

Pada tahun 1879, pembuat cokelat Swiss lainnya yaitu Rudolf Lindt berhasil menciptakan cokelat dengan konsistensi yang lembut dan dapat meleleh di mulut.

Lalu pada era akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 barulah kemudian muncul perusahaan cokelat keluarga seperti Cadbury, Mars, Nestle, Hershey dan lainnya yang menjadikan cokelat dalam camilan manis beraneka ragam.

Sumber : History.com (History of Chocolate)