by

Peran Niacinamide yang Sering Digunakan Dalam Krim & Serum Wajah

Yuk-Simak.Info – Niacinamide, yang dikenal sebagai nicotinamide, adalah senyawa penting yang berfungsi sebagai komponen koenzim NAD.

Niacinamide sering ditemukan dalam produk-produk perawatan kulit (skincare) karena memberikan manfaat bagi beberapa masalah kulit.

Dalam metabolisme, nikotinamida adenin dinukleotida terlibat dalam reaksi redoks, membawa elektron dari satu reaksi ke reaksi lainnya. Oleh karena itu, kofaktor ditemukan dalam dua bentuk dalam sel: NAD + adalah agen pengoksidasi – ia menerima elektron dari molekul lain dan menjadi tereduksi. Reaksi ini membentuk NADH, yang kemudian dapat digunakan sebagai reduktor untuk mendonasikan elektron. Reaksi transfer elektron ini adalah fungsi utama NAD. Namun, ini juga digunakan dalam proses seluler lainnya, terutama sebagai substrat enzim dalam menambah atau menghilangkan gugus kimia ke atau dari, masing-masing, protein, dalam modifikasi pasca-translasi.

Peran Niacinamide sebagai penyusun penting NAD

Pada kulit, secara umum niacinamide berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan membantu pembentukan keratin.

Beberapa manfaat Niacinamide pada kulit

Dari situs Healthline, berikut ini beberapa manfaat niacinamide pada kulit:

  • Memberikan Imunitas. Niacinamide membantu membangun keratin, sejenis protein yang membuat kulit Anda kencang dan sehat.
  • Pelindung lipid. Niacinamide dapat membantu kulit Anda menghasilkan lapisan lemak pelindung (ceramide), yang pada gilirannya dapat membantu mempertahankan kelembapan. Ini bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama jika Anda memiliki eksim atau kulit dewasa.
  • Meminimalkan kemerahan dan bercak. Niacinamide mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.
  • Meminimalkan ukuran pori. Menjaga kulit tetap halus dan lembab dalam jangka panjang mengurangi ukuran pori-pori
  • Mengatur minyak. Manfaat retensi (menahan) kelembapan tidak hanya untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Niacinimide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous dan mencegah kelenjar Anda bekerja berlebihan.
  • Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide secara bersamaan dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.
  • Mengobati hiperpigmentasi. Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu meringankan bintik/flek hitam. Manfaat terlihat setelah empat minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan. Manfaat ini mungkin karena peningkatan produksi kolagen.
  • Meminimalkan garis halus dan kerutan. Penelitian juga menemukan bahwa konsentrasi yang sama bermanfaat dalam mengurangi beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari akibat penuaan. Ini termasuk garis halus dan kerutan.
  • Melindungi dari stres oksidatif. Niacinamide membantu membangun sel-sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.
  • Mengobati jerawat. Niacinamide dapat membantu untuk jerawat yang parah, terutama bentuk inflamasi seperti papula dan pustula. Seiring waktu, Anda mungkin melihat lebih sedikit lesi dan tekstur kulit yang membaik.

Bila Anda memiliki kondisi kulit yang kering, ada flek dan juga jerawatan, maka produk yang mengandung niacinamide menjadi salah satu anjuran yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Sumber :

  1. W Gehring (Nicotinic acid/niacinamide and the skin)
  2. Kristeen Cherney (Everything You Should Know About Niacinamide)

Comment