by

Kojic Acid sebagai Cosmeceuticals atasi Hiperpigmentasi

Yuk-Simak.Info – Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali para pengguna perawatan kulit (skincare) yang mencari solusi untuk mengatasi hiperpigmentasi/ flek pada kulit.

Mengingat banyaknya dampak efek samping dari pemakaian hidrokuinon yang dijual bebas tanpa pengawasan dokter, maka banyak sekali pencarian-pencarian baru bahan aktif lain apa yang dapat mempengaruhi fungsi biologis kulit khususnya hiperpigmentasi.

Salah satunya cosmoceutical (campuran kosmetik-farmasi topikal yang meningkatkan kecantikan melalui bahan aktif yang memberikan manfat terkait kesehatan tambahan) adalah Kojic Acid.

Struktur Kimia Kojic Acid

Kojic acid berasal dari hasil proses fermentasi sake (anggur Jepang yang terbuat dari beras). Dalam bahasa Jepang, “koji” berarti nasi kukus.

Manfaat Kojic Acid termasuk antijamur, antimikroba, pereda nyeri dan antioksidan.

Untuk penggunaan pada kulit dikategorikan dalam sebagai pencerah kulit (lightening) karena menghambat produksi tirosinase yang berperan dalam sintesis melanin (pigmen) di membran melanosit.

Sumber : onlinelibrary.wiley.com

Artinya, dengan terhambatnya peran enzim tirosinase, maka melanin (pigmen penyebab flek pada kulit) tidak terbentuk.

Selain sebagai penghambat tirosinase, Kojic Acid juga memiliki peran sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti jerawat.

Sumber :

  1. Zwivel Team (Kojic Acid for Hyperpigmentation)
  2. Rashmi Sarkar, dkk (Cosmeceuticals for Hyperpigmentation : What is Available?)

Comment