by

Terungkap Alasan Dibalik Doyannya Wanita Makan Cokelat

Yuk-Simak.Info – Wanita dan Cokelat sudah menjadi sebuah padanan yang tidak terpisahkan lagi. Apalagi dengan makin banyaknya iklan produk makanan berbasis cokelat yang menyasar market wanita.

Walaupun tersedia bebas tanpa melihat jenis kelamin, namun mengapa Wanita lebih doyan makan cokelat dibandingkan pria?

Dalam penelitian di Amerika, dilaporkan bahwa kecenderungan memakan cokelat mencapai 40% pada wanita sementara pada pria hanya mencapai 15% saja.

Dokter Julia Hormes, asisten profesor dari Psikologi Klinis Universitas Albany menyampaikan bahwa sebagian besar wanita memakan cokelat pada saat menjelang masa menstruasi.

Sementara menurut Anthony Auger, asisten profesor Psikologi di Universitas Wisconsin – Madison, menjelaskan bahwa cokelat mengandung kafein dan theobromine yang mempengaruhi hipotalamus di otak.

Hipotalamus, khususnya pada bagian amigdala terdapat pusat kunci emosional otak. Emosi positif, emosi negatif, kesenangan dan hasrat / kepuasan seksual terletak disana.

Ketika tim mereka melakukan penelitian menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging), setelah memakan cokelat terlihat bahwa hipotalamus menjadi lebih tenang dibandingkan sebelumnya.

Dalam penelitian lainnya didapati juga bahwa seminggu menjelang menstruasi, serotonin dalam otak wanita mengalami penurunan sehingga sering menyebabkan kecemasan, sulit tidur dan gangguan mood.

Dengan konsumsi cokelat, ternyata bisa meningkatkan serotonin dan memperbaiki mood.

Baca juga : Anda Doyan Makan Cokelat? Inilah Sejarah Awalnya Cokelat di Dunia

Sumber :

  1. Kate Bratskeir (This is Why Women Crave Chocolate, Men Want a Burger, Huff Post)
  2. Universitas Wisconsin (Curiosities: Why does it seem women like chocolate so much more than men do?)
  3. Katie Wells (Why do Women Crave Chocolate?)

Comment