by

Apakah Anda Seorang Leader?

Yuk-Simak.Info – Kita Menyebut Seseorang itu LEADER, bukan karena mereka yang memegang kendali, tetapi karena mereka lebih dulu dari kita. Lebih dulu masuk ke sesuatu tempat atau lebih dulu mengenal sesuatu atau yang merawat / melayani orang lain.

Banyak yang menganggap dirinya LEADER, tetapi tidak ada yang mengikutinya.

Memiliki posisi kekuasaan, untuk membuat ruang lingkup kerja lebih luas, namun untuk melayani hanya bisa dilakukan oleh seorang LEADER.
Seorang LEADER tidak akan merasa nyaman dan aman sebelum orang-orang yang dia layani merasa nyaman dan aman. Karena itu adalah tanggungjawab seorang LEADER.

Ketika suatu kepemimpinan memberikan rasanya nyaman dan aman, maka setiap anggotanya secara alamiah akan memberikan TRUST (Percaya) dan COOPERATION (Kerjasama). TRUST & COOPERATION bukan sebuah perintah tetapi perasaan (FEELING), yang hanya bisa terjadi secara alamiah dari sifat dasar manusia.

Apabila suatu kepemimpinan gagal memberikan rasa nyaman dan aman, maka munculnya PARANOIA (Ketakutan), CYNISM (Sinis), MISTRUST (Tidak bisa dipercaya), dan SELF INTEREST (Egois).

Kebanyakan Pemimpin merasa memiliki kuasa (In Charge), atau berpikir semua orang bekerja untuk dirinya. BUKAN !! Pemimpinlah yang bekerja untuk orang-orangnya. Pemimpin bertanggung jawab membuat mereka nyaman dan aman.

Bila mereka merasa nyaman dan aman, maka mereka secara alamiah akan memberikan segala upaya, kemampuan, pemikiran bahkan darah dan air mata untuk mewujudkan VISI PEMIMPINnya.

Yang mereka minta hanyalah, berikan kami rasa nyaman dan aman, berikan kami nilai dan penghargaan.

Anda tidak bisa mengharapkan orang-orang di organisasimu memberikan produktivitas dan kreativitas terbaik mereka ketika JUSTRU MEREKA MERASA TERANCAM DAN BERUPAYA MELINDUNGI DIRI MEREKA DARI ANDA.

Artinya, seharusnya suatu kepemimpinan tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal lain berbahaya diluar kepemimpinan dari PEMIMPIN / LEADER itu sendiri.

Apakah orang-orang yang mengikutimu sekarang ini merasa nyaman dan aman dalam kepemimpinanmu?

Artikel dirangkum dari Interview SIMON SINEK, Penulis Buku START WITH WHY & LEADERS EAT LAST. (simak di https://www.youtube.com/watch?v=NzBqJNh8z2U)

Comment