by

Tahukah Anda : Mengapa Detak Jantung Wanita lebih banyak dibanding Laki-laki?

Yuk-Simak.Info – Saat Anda selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan, pada hasil pemeriksaan detak jantung akan Anda dapati ada perbedaan antara detak jantung wanita dan laki-laki.

Secara fisiologis, jantung wanita berdetak lebih banyak dibandingkan laki-laki, bahkan juga lebih cepat detaknya dibanding laki-laki.

Detak jantung normal manusia dewasa 70-85 kali per menit, dimana laki-laki 70-72 kali sedangkan wanita 78-82 kali.

Mengapa ada Perbedaan Detak Jantung antara Wanita dan Laki-laki?

Hal ini bisa disebabkan karena secara anatomis, ukuran jantung wanita lebih kecil ukurannya sehingga pompa darah lebih sedikit dan karena itu membutuhkan detakan lebih cepat dibandingkan kerja jantung laki-laki.

Dalam hal penyakit jantung, wanita memiliki prognosis lebih baik dibandingkan laki-laki. Data National Center for Health Statistics Amerika menyebutkan bahwa laki-laki mengalami kematian akibat penyakit jantung lebih cepat dibandingkan wanita.

Sementara American Heart Association melaporkan bahwa prevalensi penyakit Jantung pada Wanita mengalami peningkatan diusia tua (lebih dari 80 tahun).



Apakah Anda laki-laki atau wanita, tetap disarankan menjaga kesehatan jantung terutama dari melakukan pola hidup yang sehat diantaranya : olahraga yang teratur, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, menghindari makanan tinggi gula dan tinggi lemak, konsumsi suplemen antioksidan dll.

Sumber : Jurnal Role of Biological Sex in Normal Cardiac Function and in its Disease Outcome oleh Prabhayathi dkk (ncbi.nlm.nih.gov)

Comment