by

Wow !! Ciuman 10 detik Bisa Mentransfer 80 juta Bakteri!

Yuk-Simak.Info – Ketika Anda dan pasangan saling ciuman, ternyata dapat saling mentransfer 80 juta bakteri. Hal ini telah di teliti di Universitas Amsterdam, Belanda.

Faktanya lagi, jika anda berciuman setidaknya sembilan kali sehari, maka komunitas mikroba Anda akan serupa dengan pasangan ciuman Anda.

Studi tersebut melibatkan pasangan yang ditemukan para peneliti berjalan-jalan di Artis Royal Zoo di Amsterdam. Para peneliti bertanya pada 21 pasangan – seberapa sering mereka berciuman selama setahun terakhir, dan berapa lama sejak ciuman terakhir terakhir mereka. Mereka juga mengusap mulut pasangan untuk mengambil sampel bakteri di lidah setiap orang dan mengambil sampel ludah untuk mengukur bakteri air liur mereka sebelum dan sesudah ciuman.

Ditemukan ada lebih dari 700 jenis bakteri di dalam mulut dan adanya kesamaan bakteri pada air liur dan lidah.

Para peneliti Belanda melakukan satu tes lagi: Satu anggota dari setiap pasangan meminum minuman yogurt yang mengandung bakteri yang disebut Lactobacillus dan Bifidobacteria. Kemudian, setelah pasangan itu melakukan ciuman intim selama 10 detik, peneliti mengambil sampel bakteri di mulut pasangan yang tidak minum yogurt.

Mereka menemukan bahwa tingkat bakteri pasangan telah meningkat tiga kali lipat, yang berarti sekitar 80 juta bakteri baru, kata para peneliti.

Hasil penelitian tersebut sudah digunakan di kiss-o-meter, sebuah pameran interaktif di Micropia, museum mikroba pertama di dunia di Amsterdam. Pasangan dapat berciuman di museum, dan sebuah sensor akan membaca jenis ciuman dan jumlah bakteri yang mungkin berpindah antara dua orang tersebut, kata Kort, yang juga merupakan penasihat Micropia.


Mungkin saja, inilah penyebabnya mengapa sesama pasangan bisa mengalami penyakit yang sama dan juga obesitas yang sama karena adanya kesamaan mikroba.

Baca juga : Transplantasi Mikroba Feses untuk atasi Obesitas?

Sumber :

  1. Majalah TIME (Bacteria spread kissing)
  2. Livescience

Comment