by

Transplantasi Mikroba Feses untuk atasi Obesitas?

Yuk-Simak.Info – Para peneliti sekarang sedang mempelajari bagaimana pengaruh dari spesies bakteri / mikroba dalam usus yang dapat menyebabkan terjadinya kegemukan (obesitas) ataupun mempertahankan badan yang sehat.

Dalam sebuah penelitian sebelumnya telah didemonstrasikan bahwa ketika kotoran (feses yang kaya bakteri) dari manusia yang gemuk kemudian ditransplantasikan ke usus besar tikus yang normal, ternyata secara signifikan berat badannya mengalami peningkatan walaupun pola makannya tidak mengalami perubahan.

Sumber gambar : https://www.danhammerhealth.com/new-secret-weight-loss/

Para peneliti telah berhasil mengkarakterisasi corak bakteri antara individu yang gemuk/obesitas dan individu yang kurus. Mereka yang gemuk memiliki bakteri dari famili Firmicutes dan jumlah yang lebih sedikit dari kelompok besar lainnya, bakteri Bacteroidetes. Kebalikannya terjadi pada mereka yang kurus.

Dalam sebuah laporan baru yang diterbitkan di Open Forum Infectious Diseases, para peneliti melaporkan kasus seorang wanita kurus berusia 32 tahun yang mengalami infeksi usus yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh organisme C. difficile.

Umumnya di Amerika penanganannya adalah dengan pemberian antibiotik, namun wanita ini diberikan transplantasi mikroba feses (FMT).

Prosedurnya adalah wanita ini mendapat FMT dari donor yang sehat dan dimasukkan ke usus besar pasien.

Dari pemberian FMT selama 16 bulan ditemukan bahwa selain ia bisa sembuh dari C. difficile, ia mengalami kenaikan berat badan sebesar 34 kilogram. Indeks massa tubuhnya meningkat secara dramatis, dari 26 menjadi 34,5, jauh di atas ambang batas untuk didefinisikan sebagai obesitas.

Ke depan, kita sekarang melihat studi penelitian yang menggunakan penggunaan FMT untuk pengobatan penyakit lain seperti kondisi radang usus dan penyakit autoimun. Umumnya, donor tinja untuk prosedur ini diskrining untuk penyakit menular seperti HIV atau hepatitis.

Dari penelitian-penelitian ini, kita menemukan bahwa mikroba yang sehat yang meningkatkan metabolisme dan menghasilkan kalori akan membantu menjaga berat badan yang ideal.

Sumber :

  1. Maria Kulecka, dkk (Prolonged transfer of feces from the lean mice modulates gut microbiota in obese mice, 2016)
  2. Dan Hammer Health LTD (The New Secret to Weight Loss)
  3. Ley, Ruth E (Obesity and the human microbiome)
  4. David Perlmutter, MD (Dramatic Weight Gain After Fecal Transplant)

Comment