by

Anda Perlu Tahu bagaimana Proses Pembentukan Kolagen dalam tubuhmu.

Yuk-Simak.Info – Selama 10 tahun terakhir, trending kolagen menjadi informasi yang sangat dicari terutama khasiatnya dalam tubuh. Dari Produk Suplementasi kesehatan, perawatan kulit/kecantikan hingga pemanfaat lain dalam dunia medis, memberikan fokus pada kolagen.

Berikut ini adalah uraian tentang Kolagen dari Marlyn Wu, dll dalam Jurnal mereka : Biochemistry, Collagen Synthesis.

Apa itu Kolagen

Kolagen adalah molekul protein yang terdiri dari asam amino. Ini memberikan dukungan struktural ke ruang ekstraseluler jaringan ikat. Karena kekakuan dan ketahanannya terhadap peregangan, ini adalah matriks yang sempurna untuk kulit, tendon, tulang, dan ligamen.

Kolagen dapat dibagi lagi menjadi beberapa kelompok tergantung pada jenis struktur yang mereka bentuk. Ada 28 jenis kolagen yang telah ditemukan, namun sejauh ini yang paling umum adalah jenis I sampai IV, dengan jenis I yang terdiri lebih dari 90% kolagen dalam tubuh manusia.

Kolagen terdiri dari 3 rantai. Rantai-rantai itu digulung bersama untuk membentuk heliks rangkap tiga. Karena glisin adalah yang terkecil dari semua asam amino, ia memungkinkan rantai membentuk konfigurasi yang rapat, dan dapat menahan stres.

Proses Sintesis (pembentukan) Kolagen

Proses sintesis kolagen terjadi terutama pada sel fibroblas yang merupakan sel khusus dengan fungsi utama mensintesis kolagen dan stroma. Sintesis kolagen terjadi baik secara intraseluler maupun ekstraseluler. Meskipun berbagai jenis kolagen mungkin mengalami modifikasi pasca-translasi yang berbeda, garis besar dasar sintesis kolagen tercantum di bawah ini.

Kekurangan vitamin C adalah kekurangan nutrisi yang menyebabkan perubahan fungsi enzim hidroksilase yang membutuhkan Vitamin C sebagai kofaktor.

Proses Intraseluler

Proses Transkripsi mRNA di dalam nukleus

Gen untuk rantai pro-a1 dan pro-a2 ditranskripsikan

Proses Translasi

  • mRNA bergerak ke dalam sitoplasma dan berinteraksi dengan ribosom untuk penerjemahan.
  • Setelah terjemahan, ini disebut rantai pra-pro-polipeptida; rantai ini kemudian bergerak ke retikulum endoplasma (ER) untuk modifikasi pasca-translasi.

Proses Modifikasi Pasca-translasi

  • Setelah berada di Retikulum Endoplasma, pra-pro-polipeptida menjalani proses pasca-translasi di mana tiga modifikasi utama dilakukan pada pra-pro-polipeptida untuk menjadi pro-kolagen.
  1. Peptida sinyal pada terminal-N dihilangkan
  2. Residu lisin dan prolin mendapatkan tambahan gugus hidroksil melalui enzim hidroksilase yang membutuhkan vitamin C sebagai kofaktor
  3. Glikosilasi dari gugus hidroksil yang dipilih pada lisin dengan galaktosa dan glukosa b
  • Tiga dari rantai-pro terhidroksilasi dan terglikosilasi berkumpul dengan memutar menjadi tiga heliks dengan lipatan seperti ritsleting. Konfigurasi triple helix adalah 3 heliks tangan kiri yang dipelintir menjadi kumparan tangan-kanan
  • Sekarang molekul pro-kolagen siap untuk dipindahkan ke aparatus Golgi untuk modifikasi akhir dan dirakit menjadi vesikel sekretorik untuk memasuki ruang ekstraseluler

Proses Ekstraseluler

Pembelahan Propeptida

Enzim yang dikenal sebagai peptidase kolagen membentuk pembelahan propeptida sebelumnya dan menghilangkan ujung molekul prokolagen dan molekul tersebut menjadi tropokollagen

Perakitan Fibril Kolagen

Lisil oksidase, enzim yang bergantung pada tembaga bekerja pada lisin dan hidroksisin, dan ikatan kovalen antara molekul tropokolagen membentuk fibril kolagen

Sumber : Marlyn Wu; Kelly Cronin; Jonathan S. Crane. (Biochemistry, Collagen Synthesis)

Comment