by

Programmer Pertama di Dunia adalah PEREMPUAN ?

Yuk-Simak.Info – Mungkin tidak banyak yang tahu, atau bahkan tidak pernah tahu kalau Programmer pertama didunia adalah seorang perempuan.

Dia adalah Ada Lovelace yang hidup sekitar tahun 1800-an.

Ia dikenal sebagai matematikawan dan penulis. Ketika masih ABG dia sangat tertarik dengan matematika dan diajari oleh seorang astronom asal Skotlandia yaitu Mary Somerville. Selain diajar oleh Mary, Lovelace juga mendapatkan pengajar lain yaitu William Frend dan William King.

Saat di University of London, dia diperkenalkan ke Charles Babbage oleh Mary Sommerville. Dari mesin analitikal Babbage inilah kemudian Lovelace menggunakan kode dan perhitungan matematika untuk bisa menangani surat, simbol dan nomor. Dia juga memiliki teori tentang mesin yang mampu membuat looping yaitu mesin mengulang instruksi.

Mesin ini kemudian dapat menciptakan algoritma komputer. Namun sayangnya pada 27 November 1852, Lovelace meninggal karena kanker uterus. Penerus karyanya adlaha BV Bowden yang memperkenalkan ciptaan Lovelace ke publik tahun 1952 dengan sebutan berbeda, yaitu Faster Than Thought: a Symposium on Digital Computing Machines.

Sumber : dari berbagai sumber.

Comment