by

Biopeptida Salmon dan ikan laut lainnya berperan sebagai ACE Inhibitor atasi Hipertensi

Yuk-Simak.Info – Telah diketahui bahwa Angiotensin Converting Enzyme berperan mengkonversi Angiotensin-I menjadi Angiotensin II yang kemudian akan menstimulasi kelenjar adrenal menghasilkan aldosteron yang menyebabkan retensi air dan meningkatnya tekanan darah.

Sehingga untuk mengatasi efek meningkatnya tekanan darah ini, maka terdapat obat antihipertensi golongan Penghambat ACE (ACE Inhibitor). Contoh obat ACE Inhibitor seperti captopril, lisinopril, enalpril, dll.

Namun penggunaan obat-obat antihipertensi dalam jangka panjang ini juga memiliki dampak pada tubuh.

Karena itu sekarang ini berbagai penelitian mencoba mendapatkan nutrisi alamiah yang dapat menghasilkan manfaat sebagai ACE Inhibitor yang bila dikonsumsi dalam waktu lama bahkan dengan jumlah yang berlebihan tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

Baca juga : Apa Peran Angiotensin Converting Enzyme (ACE) pada Hipertensi?

Malgorzata Darewich dkk dalam Jurnal mereka yang dipublikasikan di PubMed Central (PMC) pada Agustus 2014 melaporkan bahwa terdapat Peptida Bioaktif dari ikan memiliki peran salah satunya sebagai penghambat ACE atau sebagai antihipertensi.

Protein hidrolisat ikan pertama kali dilaporkan pada tahun 1986 ditemukan pada ikan sardin dan hairtail. Selanjutnya banyak penelitian menemukan aktivitas ACE Inhibitor lainnya pada tuna dimana memiliki 8 peptida yang berperan menghambat ACE. Ikan Salmon (Salmon Chum) juga memiliki Biopeptida yang berlimpah untuk menjadi ACE Inhibitor.

Setidaknya ada beberapa peptida ditemukan pada salmon yaitu : LAF, LTF, IIF, LAY, IAY, VFY, YAY, VLW, IAW, YAL, YNR.

Malgorzata Darewich dalam Jurnal Penelitian mereka

Peneliti yang lain, Soheila Abachi dkk dalam Jurnal yang dipublikasikan pada November 2019 dengan judul Antihypertensive and Angiotensin-I-Converting Enzyme (ACE)-Inhibitory Peptides from Fish as Potential Cardioprotective Compounds memberikan kesimpulan bahwa tekanan darah tinggi dapat ditangani dengan biopeptida ikan secara efektif dan menganjurkan untuk industri-industri dapat meningkatkan produk komersial yang mengandung biopeptida dari ikan.

Jika Anda dulu sering mendengar, “Makan Ikan itu Baik” nah.. sekarang kita menemukan ternyata makan ikan itu bisa mengatasi hipertensi contohnya ikan salmon.

Comment