by

Sejarah dibalik Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November

Yuk-Simak.Info – Setiap tanggal 25 November, diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Namun tidak banyak yang tahu tentang sejarah hingga ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.

Banyak dari kalangan pendidikan memperingati hari guru ini karena terkait dengan hari lahir atau hari ulang tahun PGRI yaitu pada tanggal 25 November.

Yuk kita simak info sejarah dibalik Hari Guru Nasional ini.

PGRI yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia, dulunya berasal dari organisasi Persatuan Guru Hinda Belanda (PGHB) yaitu sejak tahun 1912 masih di zaman kolonialisme Belanda.

Dari situs PGRI, dijelaskan bahwa dulu anggota-anggota PGHB adalah guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan penilik sekolah.

Selain PGHB ada juga organisasi guru lain seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB). Selain itu ada Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), dan Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM).

Nanti kemudian pada tahun 1932, PGHB menjadi Persatuan Guru Indonesia.

Ketika Indonesia meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, diadakanlah Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta yang kemudian menghapuskan organisasi-organisasi guru lainnya dan hanya ada satu wadah yaitu PGRI.

Dari kesepakatan dalam kongres itulah kemudian tanggal 25 November 1945 disepakati menjadi Hari Lahir atau Hari Ulang Tahun PGRI.

Tahun 1994, sesuai dengan KEPPRES Nomor 78 tahun 1994 kemudian ditetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Itulah mengapa setiap tanggal 25 November diperingati hingga sekarang sebagai Hari Guru Nasional sebagai wujud penghormatan bagi semua guru.

Comment