by

Nutrisi Oligo Peptida Salmon Chum Sangat Bermanfaat atasi Efek akibat Radiasi pada Penderita Kanker

Yuk-Simak.Info – Di Indonesia, kanker masih menjadi penyebab kematian ketiga terbanyak setelah penyakit jantung dan stroke.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr Cut Putri Arianie (kemkes.go.id), terdapat 9,6 juta kematian di dunia sedangkan di Indonesia mencapai 207 ribu kematian akibat kanker.

Pada wanita, terbanyak adalah kanker payudara dan kanker serviks. Pada pria, kanker paru dan kolorektal. Sedangkan pada anak-anak, yaitu leukemia.

Selain pencegahan terhadap kanker, terdapat beberapa penanganan secara medis salah satunya adalah radioterapi atau terapi radiasi.

Tujuan dari radiasi yaitu untuk membunuh sel-sel kanker, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran dari sel-sel kanker serta mencegah kambuhnya kanker.

Pada pasien kanker yang mendapatkan radioterapi, umumnya melaporkan adanya efek samping seperti : kulit gatal, kering dan kemerahan; rambut rontok; diare; mudah lelah; terasa mudah capek, dll.

Pada kondisi seperti ini, tentunya nutrisi yang tepat akan sangat membantu dalam melewati masa pemulihannya.

Ruiyue Yang, dkk melakukan penelitian bagaimana Efek Antioksidan Preparat Oligopeptida Laut yaitu dari Salmon Chum (Oncorhynchus keta) terhadap efek radiasi.

Dari hasil penelitian mereka, didapati bahwa salmon memiliki banyak sekali asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pemulihan akibat radiasi.

Dari banyak penelitian sebelumnya diperoleh bahwa setelah radiasi ada beberapa kondisi yang dialami seperti leukosit darah tepi yang berkurang, terbentuknya radikal bebas dan peroksida lipid (lipid peroxides) seperti MDA (malondialdehyde) yang meningkat yang dapat merusak membran sel.

Tubuh secara alamiah akan berupaya untuk menghasilkan sistem antioksidan seperti Glutathione Peroxidase (GSH-Px) dan Superoxide dismutase (SOD) untuk merusak radikal bebas.

Namun, sistem antioksidan ini mengalami penurunan (berkurang) akibat radiasi.

Pada penelitian Ruiyue Yang dkk, saat dilakukan pemberian Oligopeptida Salmon Chum setelah mengalami radiasi, diperoleh hasil bahwa leukosit mengalami peningkatan dan kerusakan sel akibat oksidasi berkurang.

Mereka merekomendasikan agar pasien kanker yang menerima radiasi bisa diberikan anjuran Oligopeptida Laut yaitu dari Salmon Chum (Oncorhynchus keta).

Kini sudah banyak tersedia suplemen berbahan aktif berkhasiat dari salmon Chum yang bisa dianjurkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Comment